QualityTechnic

Loading . . .

Lighting

Lighting adalah penataan pencahayaan. Dalam hal ini adalah untuk menerangi suatu obyek agar bisa mendukung sebuah pementasan . Sebab, tanpa adanya cahaya, maka pementasan program tidak akan terlihat.& Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya.

Fungsi Lighting :

1. Menerangi area panggung, supaya objek yang terdapat di panggung terrlihat lebih jelas

2. Mewarnai objek atau area panggung ( washing/painting )

3. Panorama atau memberikan kesan dramatik

4. Sebagai tanda penggantian scence ( adegan ) di panggung

5. Sebagai triger atau tanda sebagai konser dimulai

6. Mengalihkan perhatian penonton


Jenis - Jenis Lighting Yang Paling Sering Dipakai Adalah :  

  1. PAR64 :Mengapa disebut PAR64, anda dapat membacanya di bagian lain topik ini. PAR64 adalah lampu sorot yang biasanya berkekuatan 1000watt (ada juga yang 500 watt). Entah itu kebiasaan yang umum atau bagaimana, PAR64 biasanya sudah dipaket menjadi BAR. 1 BAR terdiri dari 6 unit PAR64, dimana ada pipa besinya (almunium), dan 2 lampu akan hidup secara silih berganti bilamana dihidupkan. (semoga anda dapat membayangkan). Dan PAR64 di BAR ini terdiri dari 3 warna sesuai kebutuhan. Anda pun juga dapat memilih warna warna yang anda inginkan. Dan bila 1 BAR terdiri dari 6 lampu PAR64 berarti kebutuhan listrik menjadi 6000 watt. Ingat, semakin banyak lampu yang anda sewa maka semakin banyak kebutuhan listrik yang anda butuhkan.
  2. Effect Light :Ini dapat diartikan sebagai lampu ada mesinnya. Bilamana anda pernah melihat tayangan konser di televisi atau konser musik di kota anda. Maka anda melihat sorot lampu (entah dari bawah/atau atas) yang dapat berputar kemana mana dan dapat berganti ganti warna. Dan dapat berganti gobo (bentuk sinar sorot tersebut). Total watt dari lampu ini sangat bervariasi sesuai dengan merk dari lampu ini. Namun disini saya akan menyebutkan watt dari inti lampu sendiri dimana tersedia dalam ukuran 575 watt dan 1200watt dan masih ada yang lebih besar lagi. Ada 2 bentuk dasar dari lampu ini. Moving Head dan Scanner. Moving head dimana kepala mesin itu sendiri yang mengeluarkan sorot lampu dapat bergoyang naik turun (tilt) dan kiri kana (pan). Dan Scanner, dimana hanya kaca sebagai pemantul dari sorot lampu dapat pan dan tilt
  3. Follow Spot :Lampu sorot khusus yang biasanya manual dan diletakkan jauh dari panggung. Biasanya digunakan untuk keperluan menyorot dan mengikuti langkah seseorang.Biasanya dalam wedding digunakan untuk menyorot saat pengantin masuk ke ruangan dari pintu masuk. Kekuatan dari Follow Spot biasanya 1200 watt atau lebih. Dan diletakkan letakkan lebih tinggi dari lantai.
  4. Fresnell :Lampu dasar yang mengeluarkan sorot putih bersih, bentuknya bermacam macam ada yang kotak dan ada yang bulat sisi depannya. Kekuatan dari lampu ini mulai dari 1000watt. Namun kebanyakan tersedia dalam ukuran 2000watt. Lampu ini sangat dibutuhkan untuk setiap acara. Dikarenakan kebutuhan kamera video dan kamera foto menjadi lampu yang sangat mendasar. Meskipun kasat mata, anda tidak dapat membedakan sorot PAR64, FollowSpot, dan Fresnell, tapi kamera tak dapat tertipu.