4 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Genset

Kehadiran genset atau generator set menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan. Seringnya pemadaman listrik yang terjadi menyebabkan aktivitas terhambat. Maka dari itu, genset sebagai solusinya yang menggantikan sumber listrik dari PLN. 

Sebagai pengguna genset atau mungkin akan menggunakan genset mungkin masih banyak beberapa hal yang tidak Anda ketahui tentang genset. Setidaknya ada 4 hal yang perlu Anda ketahui tentang genset 

  1. Sejarah Genset 

Pada awal mulanya generator set ditemukan oleh ilmuwan, yaitu Michael Faraday dan Rudolph Diesel. Faraday menemukan sebuah induksi elektromagnetik di tahun 1831 yang kemudian penemuan ini berkembang menjadi generator modern. 

Sedangkan generator diesel ditemukan oleh Rudolf Diesel yang kemudian ia mengeluarkan hak paten atas mesin yang ditemukannya tersebut pada tahun 1892.

Pada akhirnya, penemuan tersebut dapat bermanfaat oleh masyarakat dari dulu sampai sekarang. Berkat penemuannya itulah saat ini orang-orang sudah tidak perlu khawatir lagi saat PLN mengadakan pemadaman listrik. Karena dengan genset tersebut dapat menghasilkan daya listrik pengganti sumber PLN. 

  1. Pengoperasian Genset 

Hal penting lainnya yang  perlu diketahui adalah pengoperasian genset itu sendiri. Apabila Anda memiliki genset atau ingin memiliki genset tapi tidak mengerti cara pengoperasiannya, bagaimana?

Minimal hal standar yang perlu diketahui adalah cara menyalakan dan mematikan genset. Jika Anda masih merasa bingung, bisa Anda ketahui melalui buku petunjuk yang ada. 

  1. Bahan Bakar 

Bahan bakar yang digunakan oleh genset berbagai jenis. Setiap bahan bakar tergantung jenis genset apa yang digunakan. Lain jenis, lain bahan bakarnya. 

Tapi, yang paling umum digunakan dan banyak tersedia adalah bahan bakar bensin. 

Maka dari itu, apabila Anda memiliki genset pilihlah genset yang bahan bakarnya mudah ditemukan dan harga yang lebih terjangkau 

  1. Jenis-Jenis Genset 

Genset yang biasa dijual pasaran memiliki berbagai jenis berdasarkan fungsinya. Seperti, ada genset diesel yang paling populer digunakan oleh kalangan masyarakat. 

Jenis genset ini biasanya digunakan untuk keperluan rumah tangga dan apabila dinyalakan mengeluarkan suara yang bising. Tapi, untuk harga, genset ini bisa disebut lebih murah dari genset lainnya.

Selain genset jenis diesel, ada genset portable. Jenis genset ini memiliki bentuk yang simpel, dan mudah dibawa kemana-mana. Genset ini biasa digunakan untuk keperluan acara outdoor yang membutuhkan sumber listrik, seperti acara musik, acara perkemahan, dan acara lainnya. 

Ada juga genset solar yang biasa digunakan sebagai sumber tenaga listrik tambahan untuk keperluan acara live music , pameran yang merupakan acara besar. 

Banyak orang yang sering menyepelekan hal dasar tentang genset ini dan malah membuat genset rusak. Jadi, perhatikan baik-baik .