QualityTechnic

Loading . . .

4 Tips Cara Memilih Air Conditioner

Air Conditioner atau yang biasa dikenal AC adalah sebuah mesin pendingin yang banyak digunakan oleh masyarakat ibu kota saat ini. Kehadiran AC benar-benar menjadi penolong di saat cuaca atau suhu di ruangan sedang tidak bersahabat. Hanya dengan satu klik, AC bisa memberikan kesejukan seketika di dalam ruangan. Saat ini begitu banyak sekali brand-brand yang memperkenalkan produk AC dan menawarkan masing-masing kelebihannya. 

Tapi, sebelum Anda membeli AC yang dipilih, coba perhatikan 4 tips berikut dalam memilih AC.

1. PK yang Sesuai dengan Kebutuhan

Untuk memilih AC hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah menentukan ukuran PK dari AC tersebut. Sesuaikan PK tersebut dengan yang Anda butuhkan dan dengan ukuran ruangan yang sesuai. Karena, apabila Anda memilih PK yang terlalu kecil, maka ruangan Anda memerlukan waktu untuk bisa mendapatkan suhu yang dingin atau apabila Anda memilih AC dengan PK yang terlalu besar, maka ruangan Anda akan dengan cepat dingin, suhu terlalu rendah, dan lebih boros dalam listrik.

Jadi, pastikan ketika memilih AC sesuaikan dengan PK yang Anda butuhkan

2. Penggunaan Listrik 

AC Anda kemungkinan akan digunakan selama lebih dari 9 jam untuk berbagai kebutuhan. Semakin lama AC menyala tentunya akan menguras listrik yang lebih besar. Untuk menghindari tagihan listrik yang melonjak akibat penggunaan lebih baik pilih AC yang hemat listrik.

Bandingkan juga AC. Nah, ketika membandingkannya Anda juga harus melihat berapa watt penggunaan AC pada saat tarikan awal (pertama dinyalakan) hingga pada saat berjalan. 

3. Fitur Tambahan 

Setiap AC yang dijual tentunya menawarkan berbagai fitur tambahan demi kenyamanan pengguna. Hanya saja ada beberapa produk yang menambah fitur tambahan namun kegunaannya kurang. Dari semua fitur tersebut, baiknya Anda  membeli AC yang memiliki fitur pembersih udara dan penghilang bau tak sedap. Fitur ini memiliki nama yang berbeda beda di setiap merk jadi pastikan Anda bertanya lebih dulu.

4. Tipe-Tipe AC 

Saat ini ada 2 tipe AC  yaitu tipe standard, Low Watt, dan Inverter. Masing-masing tipe tersebut memiliki kelebihan maupun kekurangannya masing-masing. Seperti tipe Low Watt. Tipe ini termasuk tipe standard dengan penggunaan daya pada kompressornya di kurangin supaya penggunaan listrik yang lebih irit. Tipe low watt cocok digunakan untuk rumah yang memiliki daya listrik kecil. Secara konsep cara kerja tipe low watt dan tipe standard sama.

Berbeda dengan tipe inverter dimana AC inverter akan bekerja amat keras di tarikan awal untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Pada saat suhu ruangan sudah mencapai suhu yang disetel di remote maka AC inverter akan mengurangi kinerjanya sehingga penggunaan watt akan relatif lebih rendah. Tipe inverter menggunakan watt yang amat besar untuk tarikan awal lalu penggunaan watt akan relatif rendah pada saat ruangan sudah dingin.