QualityTechnic

Loading . . .

Bagaimana Cara Membersihkan AC Portable Dengan Benar? Ini Caranya!

AC Portable adalah alat penyejuk ruangan yang banyak dipakai untuk acara open house, pesta ulang tahun, resepsi pernikahan, acara kantor, dan lain lain, yang membutuhkan pendingin udara. Alat ini bisa ditempatkan dan dipindahkan secara fleksibel di beberapa titik denah acara sesuai keinginan untuk memberikan kenyamanan suatu acara. Tentunya Anda tidak ingin alat ini tiba-tiba berhenti bekerja pada saat acara berlangsung. 

Maka dari itu, AC Portable juga memerlukan perawatan khusus. Salah satunya adalah dengan membersihkannya selama satu bulan sekali untuk mencegah penumpukan debu dan kotoran yang dapat merusak mesin di dalam nya. Simak ulasan di bawah ini tentang bagaimana cara membersihkan AC Portable dengan benar.


1. Pembersihan Rutin Pra-Filter

Biasakan rutin mencuci pra-filter yang biasanya terletak di bagian belakang atas unit. Pembersihan komponen ini nantinya akan mencegah debu dan kotoran menumpuk pada kumparan evaporator. Apabila kotoran dibiarkan menumpuk begitu saja, maka akan membentuk kerak atau lapisan kotoran yang membandel. Hal ini berbahaya, karena akan mengakibatkan proses pemindahan panas dari ruangan ke luar menjadi terganggu. Dan akhirnya kompresor terlalu panas. 

2. Lama Waktu Pembersihan 

Agar AC tetap dingin dan sejuk, sebaiknya lakukan pembersihan filter udara minimal sebulan sekali, tergantung penggunaannya. Kotoran pada filter udara dapat menghambat aliran udara dan dapat menyebabkan kerusakan mesin. Tak hanya itu, jika filter dipaksa bekerja lebih keras terus menerus, tentunya dapat membuat listrik menjadi boros. Untuk pembersihan AC Portable secara menyeluruh, lakukan setidaknya dua kali dalam setahun agar pemakaiannya tetap efisien. 

3. Langkah-langkah Membersihkan AC Portabel

Sebelum Anda mulai membersihkannya, pastikan ember sudah kosong. Agar AC Portable benar-benar bersih secara sempurna, pertama-tama, cabut listrik yang menghubungkan unit komponen mesin, lalu tiriskan tangki air. Keringkan bagian dalam unit dengan menjalankan AC Portable pada mode kipas. 

Selanjutnya, keluarkan filter dari badan AC sambil membuang kotoran dan partikel yang melekat di dalamnya. Kemudian, gunakan saringan udara secara menyeluruh. Anda bisa menggunakan vaccum cleaner untuk membersihkan bagian ventilasi. Koil Pendingin juga memerlukan pembersihan dengan menyemprotkan larutan asam ke dalam nya. Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan bagian luar AC Portable.