QualityTechnic

Loading . . .

Begini Cara Menggunakan Dehumidifier Yang Perlu Anda Ketahui

Masalah kelebihan kelembaban udara di dalam ruangan seringkali dialami bagi Anda yang bekerja di dalam ruangan (indoor). Pada umumnya hal ini terjadi di ruangan yang panas seperti pabrik, rumah sakit, dan kantor. Salah satu penyebabnya adalah karena pasokan udara segar dan sirkulasi udara dalam suatu ruangan tidak bekerja dengan maksimal sehingga dapat menyebabkan bau tak sedap dan ditumbuhi parasit seperti jamur. 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tentu saja dibutuhkan mesin yang dapat mengurangi kadar kelembaban di dalam ruangan seperti Dehumidifier. Berikut adalah 4 hal mengenai Dehumidifier yang perlu Anda ketahui, simak ulasannya di bawah ini.

1. Memilih Dehumidifier Sesuai Kebutuhan

Sebelum meletakkan dehumidifier di ruangan utama, sebaiknya Anda telah mencocokkan ukuran ruangannya terlebih dahulu. Ukuran dehumidifier yang baik adalah tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil dengan luas ruangan. 

Selain itu, kapasitas dehumidifier dipengaruhi oleh tingkat kelembapan di ruangan. Cara mengukurnya melalui jumlah liter air yang akan diambil dari lingkungan dalam jangka waktu 24 jam hingga menghasilkan ruangan dengan tingkat kelembapan yang ideal.

2. Memperhatikan Kondisi Area Tertentu

Pada area tertentu seperti kolam renang, ruang spa, gudang, atau ruangan-ruangan lainnya, pilihlah dehumidifier yang khusus diperuntukkan untuk ruangan-ruangan tersebut. Jika Anda ingin meletakkan alat ini di ruangan yang tingkat kelembapannya tinggi sebaiknya gunakan dehumidifier yang ukurannya lebih besar agar lebih cepat menghilangkan kelembapan dari ruangan. Anda juga tidak perlu sering-sering mengosongkan reservoir. 

3. Cek Fitur-fitur Yang Dibutuhkan

Ketika Anda akan menggunakan Dehumidifier, jangan lupa untuk memperhatikan fitur-fitur pada komponennya seperti : 

- Adjustable Humidistat: berfungsi untuk mengontrol tingkat kelembapan di dalam ruangan. 

- Built-in Hygrometer: alat ini sangat membantu Anda untuk mengatur dehumidifier secara akurat supaya dapat memaksimalkan ekstraksi air, sehingga tingkat kelembapan di ruangan mudah dideteksi.

- Automatic Shut Off: alat ini berfungsi ketika reservoir air penuh, atau ketika dehumidifier otomatis mati setelah mencapai tingkat kelembapan tertentu.

- Automatic Defrost: Alat ini menjaga kipas mesin tetap menyala untuk mencairkan es yang terbentuk pada kumparan mesin apabila dehumidifier sering digunakan. 

Itu dia cara menggunakan dehumidifier yang perlu Anda ketahui. Namun, bagi Anda yang memerlukan Dehumidifier untuk jangka pendek seperti acara pameran, dan lain-lain, Quality Technic hadir dengan menyediakan sewa Dehumidifier yang kualitasnya sudah terjamin dan siap mengatur serta membuang kelembaban udara didalam ruangan Anda