Cara Benar Menggunakan Generator Set Portable

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa, generator set atu biasa disebut dengan genset adalah sebuah mesin yang dapat memberikan arus listrik dengan bahan bakar minyak sehingga dapat menggantikan peran PLN ketika terjadi pemadaman listrik. Namun apa jadinya jika ada yang disebut dengan genset portable? Pada kesempatan kali ini, PT Quality Technic yang memiliki jasa sewa genset murahakan membahas tentang apa yang dimaksud dengan genset portable. Berikut lebih jelasnya:

Pada hakekatnya, genset portable hanya boleh digunakan di outdoor atau luar area, tidak pernah di area tertutup. Kenapa? Karena asap yang keluar dari unit genset portable mengandung karbon monoksida yang merupakan gas beracun yang tidak dapat Anda lihat atau cium dan dapat membunuh Anda dalam hitungan menit.

Oleh karena itu, PT Quality Technic yang memiliki jasa sewa genset murah sangat menghimbau kepada Anda untuk mengetahui bagaimana mengunakan atau mengoperasikan genset portable dengan baik dan benar. Atau Anda juga bisa mengikuti buku panduan yang telah diberikan penjual atau distributor kepada Anda sang pemilik genset.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk bagaimana mengoperasikan genset dengan baik dan benar. Yang pertama adalah, Anda harus bisa memastikan genset portable Anda berada di luar area atau di area yang berventilasi baik dan tidak bersentuhan dengan bahan-bahan yang mudah terbakar.  Letakan genset portable Anda di luar, jauh dari jendela, pintu serta ruangan yang memiliki ventilasi baik.

Yang kedua adalah, Anda harus membersihkan puing atau runtuhan di dekatnya. Pastikan daerah bebas dari puing-puing dan patuh dengan semua peraturan daerah tentang penempatan di dekat bangunan atau tempat tinggal. Kemudian Anda juga harus menggunakan kabel daya yang benar. Pastikan semua kabel dilapisi dan diisolasi dengan benar sehingga aman dan tidak membuat Anda atau orang lain tersetrum.

Dan yang terakhir adalah, Anda harus mematikan mesin genset sebelum Anda mengisi bahan bakar atau memperbaikinya. Ketika tiba waktunya untuk mengisi tangki bahan bakar genset atau memperbaiki unit genset portable Anda, Anda harus mematikan unit dan menunggu sampai mesin genset Anda mendingin sebelum mengisi bahan bakar atau memperbaikinya. Mengisi ulang atau memperbaiki unit saat sedang berjalan atau mesin panas dapat menimbulkan bahaya kebakaran dan apabila terjadi dapat menyebabkan cedera serius.

Namun demikian, PT Quality Technic yang memilik jasa sewa genset murah menyarankan kepada Anda untuk memeriksa bahan bakar serta mengisinya. Jangan sampai bahan bakar  terlalu kosong, karena dikahawatirkan bahan bakar akan habis ketika pemakaian, terlebih jika pemadaman listrik berjalan lama dan genset harus bekerja lebih keras.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan tentang bagaimana merawat genset dengan baik dan benar, semoga bermanfaat. Terima kasih.