Jenis-Jenis Dozer

JENIS-JENIS BULDOZER

Apa yang ada di benak Anda Ketika mendengar kata Bulldozer atau Dozer? Pasti Anda akan membayangkan sebuah alat berat dengan pisau dorong yang besar dengan roda yang kuat dan besar. Namun sebagian besar orang, banyak juga yang beranggapan bahwa Bulldozer adalah sebuah alat berat dengan pisau dorong yang besar dengan roda menyerupai tank. Apakah ada yang salah? atau memang ada jenis perbedaannya? Berikut adalah jenis-jenis dozer yang perlu Anda ketahui.


1. Dozer Crawler Mounted

Alat berat yang satu ini merupakan dozer dengan kapasitas daya lebih besar yang mempunyai daya dorong dari crawled mounted yang seringkali digunakan pada medan atau area yang lunak. Misalakan Tanah, Lumpur, atau sejenisnya. Akan tetapi Dozer tipe Crawler Mounted ini dapat juga digunakan pada medan tanah yang kasar dan berbatu. Dengan kata lain, Dozer jenis yang satu ini dapan digunakan di segala medan dari yang lunak sampai yang keras. Dozer ini tergolong mempunyai berat yang lebih besar sehingga pergerakannya sedikit lebih lambat dari jenis dozer lainnya. Selain di darat, Jenis bulldozer ini juga dapat digunakan diatas permukaan air. Selama air tidak menggenangi bagian Cabin, Jenis bulldozer yang satu ini sangat handal dalam medannya. Jadi penggunaan dari Dozer Crawler Mounted  sendiri termasuk lebih luas dan fleksibel.


2. Dozer Wheel Mounted 

Mesin besar ini Mempunyai roda besar seperti mobil Off-Road. Dozer ini mempunyai tumpuan yang lebih ringan daripada Crawler Mounted sehingga dapat bergerak lebih ringan, lebih cepat dan tidak merusak area tumpuan dari dozer tersebut. Kecepatan dari dozer wheel mounted sendiri lebih besar dari satu titik ke titik lain. Dozer ini seringkali dijumpai di jalan aspal ketika ada sebuah proyek pengerukan jalan. Untuk memindahkannya, Wheel Mounted tidak memerlukan alat angkut karena dapat bergerak lebih lincah dengan sendirinya, output nya sendiri lebih besar terutama saat melakukan kecepatan yang tinggi. Wheel Mounted termasuk cukup fleksible untuk dan saat tidak melakukan kontruksi yang terlalu besar atau penarikan dan pendorongan barang yang tidak terlalu besar.

  

Jadi kesimpulannya adalah kedua jenis dozer tersebut dapat digunakan sesuai kebutuhan kontruksi atau pembangunan. Apakah Dozer itu mempunyai roda seperti Tank ataupun seperti Mobil Off-Road, mereka digunakan dalam fungsi masing masing. Perbedaan terbesar hanya terletak di bagian bawah atau rodanya untuk masing-masing medan.  

 

Demikianlah pembahasan tentang jenis jenis Bulldozer. Bila Anda mempunyai sebuah proyek ataupun membutuhkan sewa Bulldozer atau alat berat lain, Anda dapat menghubungi Quality Technic.

 

Quality Technic menyediakan jasa sewa alat berat berupa Dozer, Excavator, Genset, Lighting Tower, Air Compressor, Welding Machine, Pumps dan alat kebutuhan Industri lain. Mari semua sukseskan keperluan Anda Bersama Quality Technic!