QualityTechnic

Loading . . .

Komponen dan Cara Kerja Generator Set

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa, genset bertugas untuk membackup listrik untuk toko-toko minimarket, mesin ATM, Bank, sampai pada saat pesta pernikahan. 

Tinggal disesuaikan genset mana yang cocok untuk kebutuhan Anda. Namun demikian, tahukah Anda tentang komponen apa saja yang ada pada genset, serta bagaimana cara kerjanya? Berikut PT Quality Technic yang memiliki jasa sewa genset murah akan membahas tentang komponen dan cara kerja genset.

Untuk Anda yang ingin mengetahui apa saja komponen –komponen genset dan bagaimana cara kerjanya, Anda perlu membaca artikel ini sampai habis. Berikut lebih jelasnya:

Sebenarnya genset adalah sebuah alat yang merubah energi mekanik menjadi energi listrik. Energi mekanik diperoleh dari mesin penggerak seperti mesin diesel, turbin dan lain-lain. 

Secara umum fungsi genset adalah untuk menyediakan arus pada sistem kelistrikan. 

Proses pembangkitan listrik pada generator menggunakan prinsip induksi yaitu apabila terjadi perpotongan medan magnet dengan penghantar, maka pada penghantar akan timbul gaya gerak listrik.


Berikut adalah komponen–komponen yang ada pada genset:

1. Komponen Mesin Utama / Engine yang Digunakan

Tanpa adanya mesin / engine, sebuah genset tidak akan bisa menyala. Untuk menyalakannya, tentu juga membutuhkan bahan bakar. Mesin genset haruslah terbuat dari bahan kualitas unggulan agar genset bisa tahan lama.

Mesin utama yang berputar akan menghasilkan suara yang sedikit berisik, namun dari putaran mesin generator itulah energi listrik bisa dihasilkan untuk memberikan daya listrik yang dibutuhkan.

2. Komponen Bahan Bakar Generator Set

Pemilihan bahan bakar merupakan hal yang tidak boleh disepelakan. Komponen ini memegang peranan yang tidak kalah penting dengan komponen lainnya.

Sesuaikan penggunaan bahan bakar, baik itu solar, gas, bensin, ataupun yang lainnya dengan spesifikasi genset yang digunkan.

3. Komponen Alternator Genset

Alternator merupakan salah satu komponen yang terhubung dengan mesin genset untuk menghasilkan aliran listrik dari rotor dan juga stator.

Di bagian ini, alternator dibungkus oleh piringan-piringan besi yang berguna untuk menjaga alternator agar tetap aman dan terhindar dari masalah.

Hal ini dikarenakan alternator akan bekerja menghasilkan energi mekanik dari mesin utama dan menciptakan medan magnet di sekitarnya.

4. Komponen Sistem Pelumasan Genset

Bagian ini berperan penting demi menjaga kestabilan dan tingkat overheat pada semua komponen genset yang dapat mempengaruhi kinerja mesin genset.

Umumnya, ada cairan khusus ataupun oli yang tertentu yang wajib digunakan untuk membantu sistem pelumas memiliki suhu yang normal / masih dalam batas wajar, sehingga komponen genset lain tidak akan mengalami kepanasan.

5. Komponen Baterai

Walaupun terlihat bahwa genset bisa beroperasi sendiri, nyatanya sebuah generator tetap memerlukan baterai yang berfungsi untuk membantu menghidupkan generator.

6. Komponen Pendingin Exhaust Cooling System

Selain memiliki sistem pelumas, umumnya genset juga dilengkapi dengan komponen pendingin lain yaitu Exhaust Cooling System yang membantu agar genset tidak overheating.

7. Komponen Voltage Regulator / Pengatur Tegangan

Komponen ini berperan untuk mengatur besar kecilnya tegangan listrik yang saat genset bekerja. Saat hasil output tegangan yang dihasilkan tidak stabil, ada kemungkinan akan mempengaruhi komponen genset lainnya. Yang paling terburuk adalah kerusakan mati total.

Jadi, perhatikan baik-baik ya prosedur penggunaan genset yang tepat dan daya listrik yang dihasilkannya!

8. Komponen Rangka Utama Genset

Semua genset yang bereda di pasaran, pasti memiliki rangka utama yang berfungsi sebagai wadah atau tempat menampung semua komponen genset yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.

Di samping itu, fungsi rangka ini juga sebagai pelindung genset serta berfungsi mengurangi suara bising & polusi udara yang dihasilkan.

9. Komponen Panel Utama Sebagai Pengendali

Kontrol dapat dilakukan melalui panel utama yang berfungsi untuk mengatur semua settingan pada genset. Sebelum melakukannya, pastikan Anda telah membaca buku petunjuk ataupun memiliki tenaga profesional yang dapat melakukan konfigurasi dengan benar.

Kemudian, bagaimana cara kerjanya? Generator listrik adalah sebuah alat yang mengubah energi mekanik yang diperoleh dari sumber eksternal menjadi energi listrik sebagai output. 

Aliran muatan listrik merupakan arus keluaran listrik yang dipasok oleh generator. Mekanisme ini dapat dipahami dengan mempertimbangkan generator menjadi analog dengan pompa air yang menyebabkan aliran air tetapi tidak benar-benar membuat air mengalir melewatinya.

Baca juga: Cara Menggunakan Genset yang Tepat

Menurut PT Quality Technic yang memiliki jasa sewa genset murah, generator modern bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik ditemukan oleh Michael Faraday pada 1831-32. 

Faraday menemukan bahwa aliran atas muatan listrik bisa dibujuk dengan memindahkan sebuah konduktor listrik, seperti kawat yang berisi muatan listrik, dalam medan magnet. Gerakan ini menciptakan perbedaan tegangan antara kedua ujung konduktor kawat atau listrik, yang pada gilirannya menyebabkan muatan listrik mengalir, sehingga menghasilkan arus listrik.

Genset atau generator diesel disebut juga Alternator. Altenator dapat mensuplai arus bukan hanya pada kecepatan tinggi tetapi juga pada putaran idle. Kerja sebuah alternator persis seperti generator DC, yang membedakan keduanya adalah konstruksi. Pada alternator medan magnet berputar,  penghantar diam, sedangkan pada generator medan diam, penghantar berputar.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan sedikit tentang genset. Untuk informasi jasa sewa genset murah, Anda bisa menghubungi PT Quality Technic yang sudah dipercaya oleh banyak perusahaan atau Anda juga bisa mengunjungi laman kami di https://www.qualitytechnic.com/sewa-genset.html Terima kasih.