Mau Beli Genset untuk Rumah? Perhatikan 5 Kriteria Penting Ini

Generator set atau yang biasa disingkat Genset saat ini menjadi kebutuhan masyarakat ibu kota. Tidak hanya perusahaan-perusahaan yang menggunakan genset, kini rumah-rumah juga sudah disertai oleh genset. Memang peran genset cukup berpengaruh apalagi di saat mati listrik, kehadiran genset bisa diandalkan. Nah, bagi Anda yang ingin membeli genset untuk rumahnya, mungkin 5 hal ini bisa menjadi pedomannya. 

  1. Mencari Genset yang sesuai dengan kebutuhan daya listrik yang digunakan

Saat Anda akan membeli genset hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memastikan daya listrik yang biasa Anda gunakan dan Anda mengetahui ukuran daya listrik tersebut. Karena jangan sampai Anda membeli genset yang memiliki daya listrik yang lebih rendah dari jumlah daya listrik yang kita gunakan.

Idealnya daya listrik genset harus lebih besar 30% dari total daya listrik kebutuhan yang biasa digunakan.

  1. Memilih bahan bakar yang sesuai 

Untuk memudahkan proses pengoperasian genset Anda nantinya, usahakan saat membeli genset, Anda memperhatikan bahan bakar yang akan digunakan. Tentu saja yang diharapkan adalah bahan bakar yang mudah ditemukan dan sangat terjangkau.

Saat ini, ada beberapa tipe genset yang menggunakan bahan bakar yang berbeda-beda. Ada genset yang menggunakan bahan bakar bensin, solar, dan gas. Nah, seandainya genset Anda adalah genset yang bisa menggunakan bahan bakar yang mudah tentu itu lebih baik karena akan mempermudah kinerja Anda dalam mengoperasikan genset.

  1. Pilih tempat penjualan genset yang terpercaya

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli genset sesuai kebutuhan Anda, Anda perlu memastikan bahwa pelayanan dari jual genset sangat baik. Adapun karakteristik pelayanan yang baik penjual genset pada pembeli yakni pelayanan ramah, standby menerima Tanya jawab seputar cari genset, jual genset, menyediakan garansi sesuai spesifikasi produk dan memiliki tim teknis tersendiri.

  1. Pilih Genset yang soundproof 

Kebanyakan genset memiliki suara yang cukup bising saat dinyalakan  dan suaranya tentu akan membuat Anda dan keluarga terganggu. Jadi, Anda bisa memilih genset dengan suara yang lembut. Tapi, untuk genset dengan soundproof bentuknya lebih besar dengan harga yang juga relatif lebih mahal. 

Apabila Anda berniat membeli genset jenis tersebut pastikan untuk menyiapkan space yang lebih besar dan aman.

  1. Pilih brand yang terpercaya

Saat ini sudah banyak sekali genset dengan berbagai brand. Tapi, belum tentu genset tersebut memiliki kualitas yang bagus. Jika Anda ingin mengetahui genset dari merek apa yang direkomendasikan dan memiliki kualitas yang baik, Anda bisa tanyakan kepada penjual.