QualityTechnic

Loading . . .

Perawatan Air Conditioner, Ini Caranya

Saat ini memang hanya sebagian kecil orang yang tahu bagaimana cara merawat Air Conditioner atau AC. Penggunaan AC sendiri sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya di kantor, di rumah pun AC sudah menjadi penolong utama untuk mengusir panas. Namun, ada hal yang perlu Anda ingat, jangan hanya menjadi pengguna tapi juga dapat melakukan perawatan AC secara teratur.

AC yang tidak dirawat secara berkala dan seksama bisa menjadi polusi udara bagi penghuninya sehingga menyebabkan beberapa jenis penyakit, seperti penyakit pada saluram pernafasan. Hal ini dikarenakan oleh pendingin ruangan yang kotor bisa menyimpan beragam virus dan bakteri yang kemudian disebarkan kembali ke seluruh ruangan sehingga masuk melalui indera penciuman.

Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian dari United State Environmental Protection Agency atau USEPA, bahwa polusi dalam ruangan bisa dua kali hingga lima kali lebih tinggi dibandingkan polusi luar ruangan dan satu dari lima besar polusi yang beresiko mengancam kesehatan manusia. Maka, untuk itu perawatan AC sangat diperlukan walaupun pemeriksanaan komponennya diserahkan pada teknisi. Tidak ada salahnya untuk mengetahui komponen manakah yang harus diberi perhatian khusus.

Seperti pemeriksaan pada komponen filter udara yang setidaknya dibersihkan minimal sebulan sekali. Filter yang kotor akan menghambat proses sirkulasi udara dan menjadi tempat yang nyaman bagi kuman, bakteri maupun jamur. Bakteri inilah yang akan mengalir pada evaporator coli kemudian tersebar ke seluruh ruangan. Dan juga, komponen pendingin ruangan Anda yang kotor dapat mempengaruhi sistem pendinginnya menjadi lebih berat, tidak menghasilkan dingin secara maksimal dan membuat listrik menjadi lebih boros.

Ketika melakukan perawatan AC secara berkala, pastikan alat kondensor yang terletak di luar rumah pun bersih dari debu dan kotoran lainnya. Tentunya, sebelum membersihkan AC, matikan dulu pendingin ruangan tersebut. Anda juga bisa membersihkan debu yang terdapat pada kondensor dengan menggunakan vacuum cleaner.

Untuk amannya, perawatan AC secara rutin dilakukan minimal  minimal enam bulan sekali. Dan untuk pemeriksaan secara total oleh teknisi yang terpercaya. Dengan perawatan AC yang rutin, tidak hanya kesehatan Anda sekeluarga yang terjamin, usia pendingin ruangan juga akan semakin panjang dan biaya listrik pun tidak membengkak di akhir bulan.