QualityTechnic

Loading . . .

Pilih Genset untuk Keperluan Rumah Tangga? Perhatikan Hal Ini

Seringkali adanya gangguan teknis dari PLN menyebabkan pemadaman listrik yang tidak terduga. Ketika listrik mengalami pemadaman di rumah Anda, tentu segala aktivitas dan kegiatan yang mengandalkan daya listrik akan terganggu.

Oleh karena itu generator listrik bisa menjadi pilihan saat terjadi pemadaman listrik di rumah Anda.

Namun, ketika Anda membeli genset juga harus memperhatikan beberapa hal supaya tidak salah pilih. Lalu, bagaimana cara memilih genset untuk kebutuhan rumah tangga? 

  1. Menentukan kebutuhan daya listrik 

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli genset adalah ketahui dulu peralatan elektronik apa saja yang dibutuhkan dan daya listriknya. 

Jika Anda hanya memiliki beberapa peralatan elektronik tidak terlalu banyak atau dengan watt yang rendah, maka Anda bisa memilih genset dengan watt yang rendah. Tapi, jika Anda memiliki banyak peralatan elektronik di rumah, Anda bisa memilih genset dengan kapasitas daya listrik yang lebih tinggi.

  1. Pilih genset disesuaikan dengan kebutuhan 

Biasanya untuk genset rumahan memiliki 2 jenis. Yang pertama adalah jenis standby genset di mana genset jenis ini dipasang permanen dan akan otomatis hidup ketika listrik di rumah Anda mengalami pemadaman dan ketika listrik sudah kembali menyala, genset akan otomatis mati. Bahan bakar yang digunakan standby genset adalah jenis gas. 

Yang kedua adalah portable genset. Genset ini adalah jenis genset yang memiliki harga lebih murah dibandingkan standby genset. Karena portable genset ini bisa diposisikan dimana saja dan bisa digunakan untuk luar ruangan serta memakai bahan bakar solar atau bensin. Tapi, genset ini memiliki kekurangan yaitu suaranya yang bising ketika sedang menyala.

  1. Pilih genset dengan daya yang lebih tinggi dari daya listrik di rumah

Anda bisa memilih daya listrik genset yang lebih tinggi dari pada daya listrik di rumah Anda. Hal ini untuk menghindari kejadian yang justru menjadikan listrik anjlok saat terjadi pemadaman. 

Di pasaran sendiri genset memiliki banyak pilihan muatan daya. Tinggal Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan yang Anda akan gunakan. 

  1. Bandingkan harga dan kualitas genset 

Sebelum Anda menentukan genset yang akan digunakan untuk rumah Anda, baik Anda bisa melakukan survey beberapa genset dari jenis dan merek yang berbeda. 

Lalu, bandingkan dari segi harga dan kualitas. Dengan begitu Anda bisa mengetahui genset mana yang memiliki kualitas terbaik dengan harga yang relatif. 

  1. Pahami cara menyalakan genset 

Nah, jika Anda memiliki genset pastikan Anda mengetahui lebih dulu cara mengoperasikan genset. 

Terutama untuk cara menyalakan genset. Biasanya ada 2 cara untuk menyalakan genset, yaitu dengan cara di starter menyerupai motor atau recoil yang harus di engkol atau di tarik memakai tuas.

Untuk genset dengan starter umumnya hanya terdapat pada genset dengan kapasitas daya mencapai 4000 watt.