Tips Memilih Sound System Untuk Event Indoor dan Outdoor

Sound system adalah salah satu perangkat yang wajib ada untuk event atau acara yang membutuhkan suara keras seperti konser musik, pameran, gathering, seminar, dan resepsi pernikahan. 

Jika tidak ada sound system, tentu saja acara jadi tidak terasa euforianya. Seperti konser musik misalnya. Tidak mungkin sebuah konser berjalan tanpa adanya suara musik yang keras, teriakan, dan tepuk tangan penonton. 

Maka dari itu, diperlukan sound system untuk menghidupkan suasana acara. Bagi Anda yang masih bingung mencari penyewaan sound system yang tepat, simak ulasan berikut ini mengenai tips memilih sound system untuk event indoor dan outdoor. 


1. Tentukan Jenis dan Venue Event

Dalam memilih sound system, harus disesuaikan dengan event yang akan dilangsungkan. Misalnya, untuk sebuah acara resepsi pernikahan, diperlukan sound system dengan daya yang besar dan alat musik yang sesuai dengan tema acara. 

Pengecualian bagi Anda yang akan mengadakan acara seminar, maka daya sound system yang dibutuhkan sekitar 500-1000 watt saja. Venue indoor dan outdoor memiliki perbedaan dari segi kebutuhan sound system. 

Event outdoor tak hanya lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, adanya noise atau gangguan dari luar seperti suara teriakan, angin, dan lain-lain, tentunya memerlukan kebutuhan yang juga lebih besar daripada event indoor yang di dalam ruangan. 


2. Membaca Riders

Masing-masing pengisi acara seperti MC/ host, band, atau penyanyi, memiliki standar tersendiri dalam menentukan perangkat sound system untuk acara mereka, atau istilahnya disebut Riders. 

Hal tersebut harus dipenuhi oleh EO yang mengundang mereka sebagai pengisi acara. Pada umumnya Riders berisi tentang detail spesifikasi sound system yang akan digunakan pada saat acara berlangsung. Isinya terdiri dari stage plot, yaitu tata letak sound system sesuai permintaan pengisi acara.

 

3. Budget

Memilih sound system harus disesuaikan dengan anggaran budget yang sudah ditulis dalam proposal acara. Biasanya, perhitungan untuk sewa sound system dihitung per 1000 watt. 

Jika sudah berlangganan, vendor sound system bisa memberikan harga khusus. Tapi, Anda tetap harus menyesuaikan dengan riders yang sudah diberikan EO agar tidak terjadi kesalahan pada saat acara berlangsung.