QualityTechnic

Loading . . .

Tips Menyimpan Genset yang Baik dan Benar Dalam Ruangan

Sebagai salah satu komponen yang bisa memberikan suplai daya listrik cadangan, genset memiliki peranan yang penting sehingga keberadaannya tidak bisa dianggap remeh. Memang jarang terlihat, karena genset tidak bisa ditempatkan di sembarang lokasi. Umumnya, genset yang diletakan dalam ruangan adalah bentuk mini atau yang bisa disebut dengan genset portable.

Jenis genset ini banyak digunakan di perumahan, Supermarket, Hypermarket, dll. Bila sudah masuk dalam skala perusahaan menengah hingga ke atas, genset yang digunakan sudah pasti yang berukuran besar untuk mengcover daya listrik dalam jumlah besar juga.

Dalam hal ini, perusahaan memerlukan teknisis khusus yang berpengalaman dalam bidang perawatan genset dan pengoperasiannya. Berbicara mengenai genset, Quality Technic sebagai perusahaan penyedia layanan rental dan sewa genset murah di Jakarta akan membagikan tips bagaimana cara mempersiapkan lokasi penyimpanan genset secara khusus dengan mudah.

Walaupun terlihat sepele, pemilihan ruangan genset dapat mempengaruhi kondisi genset dan bisa menghindarkan perusahaan ataupun gedung bertingkat dari adanya kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Berikut tips yang bisa dilakukan.

1. Pentingnya genset untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik untuk membuang gas panas yang dihasilkan akan membantu genset terhindar dari kerusakan ataupun dari tidak nyamannya teknisi yang melakukan pengecekan atau perawatan secara rutin saat genset sedang menyala.

2. Bila ditempatkan dalam ruangan, maka hasil pembuangan genset bisa menjadi racun yang berbahaya bila terhirup. Jika memang tidak ada tempat di luar, Anda bisa menyiapkan ruangan khusus dengan catatan bahwa tempat tersebut harus berada jauh dari aktivitas lingkungan sekitar dan juga memiliki sirkulasi udara yang baik.

Umumnya, banyak pabrik dan perusahaan besar menempatkan genset di lantai paling bawah atau di bagian ruang bawah tanah secara khusus, dan yang bisa masuk ke sana hanyalah orang-orang yang diizinkan dan punya keperluan penting.

3. Bila ada tempat di luar, Anda bisa menempatkan genset sekaligus membangun rumahnya sebagai pelindung genset dari air hujan, panas matahari, ataupun gangguan lainnya. Bila ingin genset yang tidak terlalu berisik, Anda bisa mempertimbangkan membeli genset silent.

4. Untuk kebutuhan genset yang dapat melakukan mobilisasi atau sering berpindah-pindah, disarankan untuk menempatkannya dalam trailer untuk mempermudah pemindahan yang dilakukan.

5. Perlu diperhatikan juga bahwa penempatan genset haruslah dekat dengan panel listrik ataupun sumber listrik yang digunakan.

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan. Selamat mencoba!