Begini Tips dalam Memilih Genset untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Kehadiran genset memang menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat ibu kota khususnya. Genset menjadi pengganti sumber listrik ketika listrik tengah padam.

Biasanya genset banyak digunakan pada perusahaan-perusahaan. Tapi, semakin majunya teknologi kini genset tidak hanya digunakan pada perusahaan-perusahaan saja, tapi juga rumah-rumah kini banyak juga menggunakan genset.

Apalagi untuk perumahan yang sering sekali mendapat pemadaman mendadak dari PLN. Nah, apabila Anda berminat untuk membeli genset yang akan dipasangkan di rumah Anda, coba perhatikan beberapa tips berikut


1. Pilih genset yang sesuai dengan kebutuhan 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih genset disesuaikan dengan kebutuhan rumah tangga. Sebelumnya Anda harus list lebih dahulu peralatan rumah tangga apa saja yang membutuhkan genset. 

Hal ini bertujuan supaya Anda bisa memilih genset yang sesuai dengan kebutuhan. Karena kalau daya genset yang Anda beli melebihi kebutuhan Anda, maka akan terjadi pemborosan dan apabila kekurangan, maka kehadiran genset menjadi sia-sia.


2. Memilih merk dan tipe yang bagus 

Saat ini sudah banyak sekali toko yang menjual genset dengan berbagai merek dengan kelebihan yang ditawarkan. Nah, apabila Anda ingin mendapatkan genset yang terbaik, pastikan Anda juga memilihnya genset dengan merek yang sudah terpercaya dan banyak digunakan oleh khalayak umum. 

Semakin banyak orang yang menggunakan merek genset yang sama, maka dipastikan genset tersebut memang sudah terbukti sebagai brand yang terpercaya. 

Maka dari itu, Anda perlu survey dan mencari tahu lebih dulu tentang brand genset apa saja yang terbaik. 


3. Perhatikan bahan bakar yang digunakan

Beda jenis genset, beda juga bahan bakar yang digunakannya. Maka pilihlah genset yang menggunakan bahan bakar bensin. 

Karena bensin sangat mudah sekali ditemukan dan umumnya juga genset-genset untuk rumahan lebih baik menggunakan yang berbahan bakar bensin. 


 4. Memahami cara menyalakan genset 

Nah, ini juga jadi hal yang penting apabila Anda ingin membeli genset untuk kebutuhan rumah tangga Anda. Pastikan Anda untuk mengetahui cara menyalakan dan mengoperasikannya. 

Jika Anda bingung, pada saat Anda membeli, Anda bisa meminta penjualnya untuk mengajarkan cara menyalakan genset. Jika ada sesuatu yang membingungkan, tanyakan pada penjual. 

Jangan sampai ketika Anda sudah membeli dan membawa genset ke rumah Anda bingung untuk menyalakan dan menggunakan gensetnya. 


5. Pilih genset dengan suara yang tidak berisik

Biasanya genset itu cenderung mengeluarkan suara yang cukup mengganggu ketika dinyalakan dan dapat mengganggu aktivitas di malam hari ketika genset dinyalakan.  

Apabila Anda tidak suka dengan suara genset yang terlalu mengganggu, Anda bisa memilih genset yang suaranya tidak terlalu berisik atau genset silent yang tidak mengeluarkan suara sama sekali. 


Artikel lainnya: Bagaimana Cara yang Benar dalam Mematikan atau Menghidupkan Genset? Berikut Cara Pengoperasiannya