QualityTechnic

Loading . . .

Bagaimana Cara yang Benar dalam Mematikan atau Menghidupkan Genset? Berikut Cara Pengoperasiannya

Genset sebagai salah satu alat yang dapat memberikan suplai daya listrik ketika sumber listrik utama dari PLN terputus. Umumnya, genset memiliki banyak jenis yang dijual di pasaran untuk memenuhi kebutuhan. Dalam dunia industri profesional, generator set atau yang disebut dengan genset adalah alat yang wajib dimiliki, baik dalam pabrik, gedung perkantoran, ataupun tempat lainnya yang membutuhkan ketersediaan daya listrik.

Distribusi alat ini sudah sangat luas dan ada tenaga ahli yang memang berkompeten atau memiliki sertifikasi resmi untuk melakukan perbaikan ataupun melakukan perawatan secara khusus. Bahkan dengan era modern sekarang ini, dengan mudah siapapun bisa membeli genset secara online melalui situs/aplikasi online shopping. Namun, untuk melakukan pembelian secara online tentu juga harus tetap hati-hati dan teliti saat melihat kondisi alat tersebut. Apakah ada kerusakan atau tidak sesuainya genset yang dibeli dengan spesifikasi yang dituliskan.

Bagi Anda yang masih bingung dengan bagaimana SOP yang benar dalam mengoperasikan mesin genset, berikut panduan yang bisa Anda ikuti.

1. Panduan Menghidupkan Genset


- Pertama-tama, cek kondisi bahan bakar yang digunakan oleh mesin genset apakah masih ada atau sudah habis.

- Langkah selanjutnya adalah dengan mengecek bagian lainnya, seperti air radiator, air accu, oli mesin, kabel accu, dan kabel mesin. Pastikan apakah semuanya dalam keadaan baik-baik saja atau perlu tindakan perbaikan seperti penambahan air radiator atau mengganti kabel yang rusak.

- Setelah semua komponen tidak ada masalah, Anda bisa membuka box panel lalu menyalankan dengan menekan/memindahkan tombol power dalam posisi on. Perlu diingat, bahwa untuk melakukan pemanasan terhadap genset kurang lebih sekitar 10 menit.

Baca juga: Cara Menggunakan Genset Supaya Berfungsi Optimal

- Dalam rentang waktu tersebut, Anda bisa kembali melakukan pengecekan terhadap komponen Oil Meter, Battery Charge, Water Temperature, Volt Meter AC, Frequency Meter dan Hour Counter Meter, apakah terdapat masalah ketika mesin dinyalakan atau tidak.

- Setelah proses pemanasan selesai, barulah genset siap digunakan untuk memberikan daya listrik. Bila proses pemanasan belum selesai, tidak disarankan untuk langsung menggunakan genset untuk memberikan daya listrik. Hal ini untuk mencegah adanya kerusakan komponen genset dan membuat genset bisa menyala untuk jangka waktu yang cukup lama.


2. Panduan Mematikan Genset


- Setelah selesai menggunakan genset, jangan langsung mematikan genset.

- Pastikan semua komponen listrik sudah tidak tersambung dengan aliran daya listrik dari genset dan segera turunkan breaker lalu tunggu hingga 5 menit sebagai upaya untuk mendinginkan mesin genset yang panas karena telah seharian bekerja.

-Barulah Anda bisa mematikan mesin genset dan menempatkannya di tempat yang aman (tidak terkena panas, tidak terkena air, hindari udara yang lembab) agar tidak mudah rusak.

Itulah beberapa panduan SOP yang tepat untuk menghidupkan serta mematikan genset yang baiknya diketahui, sehingga mesin genset tidak mudah rusak. Sekian informasi dari Quality Technic sebagai penyedia layanan jasa sewa genset murah di Jakarta