QualityTechnic

Loading . . .

Hal Penting Yang Harus Diketahui Oleh Pemula Pengguna Genset

Generator set atau genset kini sudah membudi daya di kalangan masyarat Indonesia. Terlebih saat ini sering kali terjadi pemadaman listrik dari PLN. Menurut PT Quality Technic yang memiliki jasa sewa gensetorang–orang yang memang sangat membutuhkan listrik dan memiliki budget untuk membeli genset, maka mereka segera membelinya.


Namun, sebelum Anda membeli genset, ada baiknya jika Anda mengetahui tentang  bagaimana cara untuk merawat atau setidaknya perlakuan standar terhadap genset. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kami yang memiliki jasa sewa genset akan mencoba membahas tentang hal apa saja yang dapat Anda lakukan sebagai pemula kepada genset. Berikut lebih jelasnya :

Untuk Genset 4-tak pastikan bensin menggunakan bensin murn atau premium, dan dalam keadaan bersih atau tidak kotor. Isi tangki hingga penuh atau secukupnya, jangan terlalu sedikit. Untuk genset 2-tak, pastikan bensin adalah bensin campur oli dengan perandingan 50 : 1 atau sesuai petunjuk mesin. Pastikan Oli sudah terisi penuh menggunakan oli tipe SAE 20-40 merek apapun. Gunakan oli baru, jangan oli bekas pakai.

Lihat juga: Cara Menghidupkan dan Mematikan Genset dengan Benar

Selanjutnya kami juga sangat menyarankan kepada Anda untuk tidak memberikan beban genset untuk penghidupan pertama. Posisi choke berada dekat dengan karburator, biasa dengan logo segitiga. Kemudian tarik gagang Recoil dengan baik, jangan disentak untuk menghidari kerusakan pada tali starter. Tarik perlahan, setelah sedikit berat baru tarik dengan kencang. Untuk menghidupkan pertama kali, biasa memakan 3 sampai dengan 4 kali tarikan sebelum generator set menyala.

Kemudian Anda harus mematikan choke setelah genset menyala. Biarkan beberapa saat atau sekitar 5 menit pertama dan genset dapat diberikan beban. Jangan beri beban berat untuk pertama kali. Sebaiknya beban bertahap, 500 Watt, 1000 Watt, 2000 Watt dan seterusnya.

Genset dapat dihubungkan ke salah satu stop kontak di jaringan listrik. Pastikan MNB dari PLN diturunkan atau dalam posisi Off. Hal ini sangat penting untuk menghindari kerusakan genset akibat arus balik PLN saat listrik PLN hidup. Setelah pemakaian maksimal, istirahatkan genset sampai kondisi mesin dingin, untuk memperpanjang umur genset. Apabila kelebihan beban, maka switch akan off atu mati dan tidak boleh langsung di kembalikan ke posisi On atau hidup.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan tentang hal apa saja yang dapat Anda lakukan untuk genset Anda. Sekadar informasi, untuk jasa sewa genset Anda bisa mengunjungi laman kami di https://www.qualitytechnic.com/ Terima kasih.