QualityTechnic

Loading . . .

Tips Tepat Dalam Merental Genset untuk Perusahaan Anda

Genset menjadi salah satu komponen penting dalam hal supplai aliran listrik. Umumnya, genset digunakan saat listrik mati, walaupun hanya dalam hitungan beberapa menit atau jam saja, namun tanpa listrik, aktivitas harian pasti akan terganggu.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, genset memiliki peranan vital sehingga harus ada di berbagai tempat komersil hingga gedung perkantoran untuk terus menjadi back-up ketika tiba-tiba listrik padam.

Harga genset yang tidaklah murah membuat sebagian orang ataupun pihak manajemen perusahaan memilih untuk merental genset. Pilihan ini dinilai lebih efektif dan efisien karena anggaran yang dikeluarkan masih di bawah harga baru genset yang akan dibeli. Faktor lainnya juga pertimbangan dalam perawatan (maintenance).

Umumnya, perbaikan ataupun perawatan genset tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Haruslah seorang teknisi ataupun yang berpengalaman dibidangnya, pastinya ini membuat perusahaan membutuhkan anggaran baru untuk mempekerjakan orang lagi.

Dengan memilih merental genset, perusahaan dapat menghemat biaya pengeluaran dan bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Namun, sebelum memutuskan untuk merental genset, ada beberapa hal yang harus dilakukan.

1. Pastikan Anda Mengetahui Daya Listrik yang Dibutuhkan

Mengetahui berapa besaran jumlah listrik yang rata-rata digunakan setiap harinya sangatlah penting, apalagi ketika ingin menyewa genset. Bila Anda tidak mengetahuinya, sebaiknya mulai lakukan perhitungan dari sekarang untuk mendapatkan perkiraan yang akurat.

Jangan menganggap remeh hal ini, karena bila ada kesalahan, maka risiko genset yang tidak sesuai dengan kebutuhan daya kantor bisa menambah masalah saat listrik mati.

2. Lakukan Survei untuk Mendapatkan Kerja Sama Dengan Perusahaan Rental Genset Terbaik

Pada tahap ini, Anda bisa mulai melakukan survei melalui internet dengan mengetik kata kunci "rental genset murah", "rental genset jakarta", "sewa genset bulanan" ataupun kata kunci lainnya.

Saat hasil penelusuran muncul, Anda mulai bisa melakukan survei untuk mengetahui mana perusahaan yang menyediakan layanan penyewaan genset.

Sangat disarankan agar Anda dengan teliti dalam menemukan jasa rental genset yang diperlukan. Lihat baik-baik profile jasa tersebut, bagaimana review ataupun testimoni yang diberikan dalam website/media sosial, mengetahui layanan apa saja yang tersedia, dll.

Selain dari survei secara online, Anda juga bisa meminta pertimbangan ataupun saran dari kenalan ataupun rekan bisnis yang mengetahui layanan rental genset. Semakin banyak informasi yang dimiliki, maka semakin baik juga pengetahuan Anda akan kelebihan/kekurangan dari penyedia jasa tersebut.

Baca juga: Berikut Cara Kerja Genset & Komponennya

3. Pahami Ketentuan Saat Menyewa Genset

Setelah menemukan mitra yang tepat, barulah Anda bisa mendiskusikan mengenai jenis genset, kapasitas genset, dan juga harga yang diberikan. Perlu diingat juga untuk memahami mekanisme ketentuan kerja sama yang diberikan. Jangan sampai Anda melewatkan hal-hal penting seperti, sistem pembayaran, durasi penyewaan, hingga perjanjian penting lainnya.