QualityTechnic

Loading . . .

Fatal! Inilah 3 Jenis Kerusakan yang Dapat Terjadi pada Mesin Genset

Kebutuhan akan sumber daya listrik menjadi salah satu fundamental penting bagi keseharian tiap orang. Tanpa adanya listrik, berbagai barang elektronik tidak bisa bertahan menyala, seperti lampu yang berfungsi menerangi.

Hampir semua lini kehidupan manusia selalu berdampingan dengan penggunaan alat-alat elektronik, tak bisa dipungkiri bahwa listrik yang selalu dipasok selama 24 jam adalah suatu keharusan, walaupun masih ada beberapa wilayah di bagian Indonesia yang masih belum terjangkau untuk penggunaan listrik.

Apa akibatnya bila listrik mati walaupun hanya sebentar? Tentu saja hal ini bisa berakibat pada pekerjaan yang tertunda. Apalagi di kota-kota besar yang memiliki banyak gedung pencakar langit, listrik haruslah selalu menyala untuk mendukung aktivitas harian pekerjaan di kantor.

Genset dapat menjadi solusi cermat untuk mendukung cakupan supplay listrik bila terjadi masalah listrik padam ataupun kerusakan yang terjadi di panel sekring listrik.

Namun, harga genset yang segmentasi pasarnya memang ditunjukkan untuk perusahaan, tak jarang membuatnya sedikit digunakan di perumahan. Umumnya, untuk di rumahan lebih banyak digunakan genset portable yang lebih dari bentuk fisik dan juga dayanya. Itulah alasan mengapa lebih banyak perusahaan memilih jasa penyewaan genset.

Walaupun bisa diandalkan, mesin tetaplah mesin yang harus diperhatikan dan dirawat dengan baik. Secara umum, ada 3 jenis kerusakan paling fatal yang mungkin dialami oleh genset, kenali tanda-tanda dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Pernahkah Mesin Genset Tidak Dapat Menyala Sama Sekali?

Bila Anda pernah mengalami genset yang tidak bisa digunakan sama sekali dan akhirnya memilih untuk meletakannya di gudang saja, lebih baik ambil kembali genset tersebut dan coba perbaiki. Hanya ada 2 kemungkinan saat genset tidak bisa menyala.

Pertama, hal ini disebabkan oleh baterai yang lemah ataupun habis masanya. Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti dengan bateri baru. Dengan begitu genset bisa dipastikan hidup normal kembali.

Lalu, yang kedua adalah karena adanya kawat yang putus ataupun kendur di dalam. Bongkar genset dan cari kawat yang bermasalah. Rekatkan kembali kawat supaya tidak mengendur. Bila putus, Anda harus mengganti kawat tersebut dan memasangnya dengan sesuai.

2. Mesin Genset yang Mendadak Mati Saat Sedang Menyala

Tentu akan sangat tidak mengenakkan bukan bila saat sedang listrik padam, lalu menyalakan genset dan tidak lama kemudian genset juga ikutan mati? Umumnya kerusakan fatal ini disebabkan oleh genset yang telah terlalu banyak berisi air di dalamnya. Cara mengatasinya tidak begitu sulit, Anda cukup membuang air yang ada dalam genset hingga benar-benar kering.

Bila setelah melakukan hal tersebut genset masih tidak menyala, Anda bisa mencoba mengecek bagian lubang ventilasi apakah mengalami penyumbatan atau tidak. Umumnya, katup yang tersumbat bisa membuat genset tidak menyala. Gunakan kain kering untuk mengusapnya bagian yang tersumbat hingga benar-benar bersih dan kering.

3. Genset Tidak Mengeluarkan Daya Maksimal

Bila genset sudah berumur atau lebih dari 8 tahun, maka kemungkinan penurunan daya yang terjadi masuk dalam kondisi wajar. Namun, bila terjadi dalam kurun waktu 1/2 tahun, maka Anda harus memeriksanya dengan baik.

Periksa plunyer pompa, apakah mengalami aus atau tidak? Jika iya, cara mengatasinya cukup dengan diganti baru.

Faktor lainnya dapat disebabkan karena terjadi kebocoran di katub. Untuk hal ini sangat sulit diperbaiki, jadi akan lebih cepat bila diganti saja dengan yang baru.

Itulah beberapa kerusakan fatal yang wajib Anda ketahui, sehingga bila terjadi masalah tersebut dikemudian hari Anda bisa mengatasinya dengan baik. Bila Anda mengalami kesulitan, segera hubungi Quality Technic yang menyediakan teknisi handal dan berpengalaman untuk melakukan perbaikan. Kami juga menyediakan layanan sewa dan juga rental genset murah di Balikpapan & Jakarta.